Home » » Kasdim Pimpin Peninjauan 'Pilot Project' Kampung Pancasila di Wilayah Kodim 0209/LB

Kasdim Pimpin Peninjauan 'Pilot Project' Kampung Pancasila di Wilayah Kodim 0209/LB

pakpakdairinews | LABUHANBATU - Sesuai intruksi dari Komando atas, tentang rencana peresmian kampung pancasila secara serentak di jajaran Kodam I/BB, Kodim 0209/LB telah mempersiapkan dan merencanakan kegiatan tersebut, dipimpin Kasdim 0209/LB Mayor Inf Hendra Gunawan melakukan peninjauan _Pilot Project_ Kampung Pancasila Kodim 0209/PB tepatnya di Lingkungan Cut Mutia kelurahan Siringoringo kecamatan Rantau Utara kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (05/03/2022).

Didampingi Danramil 08/RP Lettu Inf Dedi M. Sibarani dan Plh Pasi Ter Kapten Chb Sudomo meninjau pemilihan Kampung Pancasila di wilayah Kodim 0209/LB, yang nantinya akan diresmikan oleh Dandim 0209/LB dan secara serentak dilaksanakan seluruh satuan komando kewilayahan (Satkowil) Korem dan Kodim dijajaran Kodam I/BB.

Turut serta pula Tokoh masyarakat etnis Tionghoa Bapak Acun, Kepling Cut Mutia Parlan Pane, Tokoh masyarakat Cut Mutia M. Usin, Sintua Gereja HKBP Cut Mutia Jarokin Siagian, tokoh pemuda saudara Fikri, Bati Komsos Kodim 0209/LB Serma Agus Winarko, Babinsa Serda M. Napitupulu dan Bhabinkamtibmas Aiptu Alfian.

Kampung Pancasila lingkungan Cut Mutia sendiri nantinya akan menjadi *pilot project* bagi lingkungan/dusun yang lain khususnya diwilayah teritorial Kodim 0209/LB tentang arti penerapan nilai-nilai Pancasila di kehidupan masyarakat.

Seperti menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara, sebagai contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, sebagai contoh sikap toleransi antar umat beragama, sebagai contoh hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku, dan ras, adanya kerukunan dalam masyarakat di daerah yang dipilih sebagai Kampung Pancasila.

Sedangkan pemilihan lingkungan Cut Mutia sendiri dilihat dari kemajemukannya warga berdomisili di lingkungan tersebut, seperti adanya rumah Ibadah yang berdekatan antara Masjid, Gereja dan Vihara, serta terjalinnya hubungan masyarakat yang sangat harmonis.

Saat dikonfirmasi awak media ini Kasdim 0209/LB Mayor Inf Hendra Gunawan mengatakan, "sesuai petunjuk dan arahan Komandan Kodim 0209/LB kami pilih lingkungan Cut Mutia ini karena kemajemukannya lingkungan tersebut, adanya sinergi antar Babinsa, Bhabinkamtibmas dan aparat Kepling serta warga yang sangat harmonis, terlihat adanya Poskampling di pinggir jalan menuju pemukiman warga," jelasnya

Dalam beberapa hari kedepan akan diresmikan oleh Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul dan rencananya akan kami undang unsur Forkopimda Labuhanbatu dalam acara peresmiannya dan kami berharap lingkungan Cut Mutia benar-benar bisa menjadi contoh pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi kelurahan atau desa yang lain di wilayah Kodim 0209/LB, tambah Kasdim. (Pendim 0209/LB)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Popular Posts

Categories

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Copyright © SUMUT NUSANTARA | Powered by Blogger