Home » , , » Dr. Rudi Sinaga, M.Si Apresiasi PEMA FISIP UMA gelar acara Hari Lahir Pancasila

Dr. Rudi Sinaga, M.Si Apresiasi PEMA FISIP UMA gelar acara Hari Lahir Pancasila

Sumut Nusantara, Medan - Sebuah acara yang patut diapresiasi atas suksesnya berbagai kegiatan yang diadakan oleh PEMA FISIP UMA pada hari Kamis, 8 Juni 2023 yang diselenggarakan di Kampus 1 Universitas Medan Area Jalan Kolam Medan Estate dalam memperingati Hari Lahirnya Pancasila.

Konsep awal acaranya sederhana tapi syarat dengan makna dan berlangsung dengan meriah. Civitas akademika Universitas Medan Area antusias sekali  atas kegiatan ini. Konsep kebersamaan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Gelar acara ini tentu tidak akan berlangsung sukses jika tidak ditangani dengan manajemen yang baik, komunikasi dan koordinasi antar bagian sesama Panitia Pelaksana. Anak muda yang kreatif dan  inovatif seperti inilah di masa depan era 5.0 akan luwes, supel dan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya karena smart dan adaptif. Hal ini akan berguna dilingkungan kerja setelah wisuda.
Anak muda yang tidak terpengaruh oleh penyebaran secara massif peredaran Narkoba. Anak muda yang akan menumbuhkan kembangkan nilai-nilai Pancasila dimanapun berada meski di era teknologi canggih.

Siapakah sosok dibalik acara ini, dialah adalah Kristian Amos Sofian Sinurat yang sehari-hari dipanggil Amos.  Amos dipercaya PEMA FISIP UMA sebagai Ketua Panitia "5 Pilar" yg berisikan kegiatan-kegiatan yang positif. Sementara Juni membidangi salah satu kegiatan dengan bentuk acara Dialog Publik yang bertema " Eksistensi Pancasila di tengah era global dalam kehidupan sehari-hari" berlangsung seru saat sesi tanya jawab.

Pelaksanaan Dialog Publik ternyata mendapat antusias yang sangat luar biasa dari para peserta yang hadir dari kalangan anak-anak SMA/SMU yang secara khusus di undang, perwakilan Yayasan sekolah SMA dan para guru, Perwakilan masyarakat, akademisi dan ormas kepemudaan yg begitu tertib dan kompak di lokasi kegiatan.
Uraian alur berjalannya kegiatan di sampaikan narasumber tidak kaku dan terkesan tidak menggurui, tapi lebih kepada Dialog sesama sahabat, atau adik.

Dipandu Host yang cukup berpengalaman Khairunnisa Lubis, S.Sos.,M.Ipol, dengan Khairullah, M.Ipol menghadirkan 4 orang  Narasumber yang berpengalaman di bidangnya  seperti : Dr. Rizkan Zulyadi, SH.,MH. selaku Wakil Rektor Bid. Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni UMA, Dr. Rudi Salam Sinaga, S.Sos.,M.Si Dosen Fakultas ISIPOL UMA sekaligus praktisi di dunia kepemudaan dan ormas.
Narasumber bidang komunikasi Drs. Bahrum Jamil, M.AP yang juga Dosen Fakultas ISIPOL UMA serta Rosen Jaya Sinaga, SS.  yang merupakan Ketua DPW Serikat Praktisi Media Indonesia (SPMI) - Sumut, seorang Jurnalis dan pegiat sosial.

Dr. Rudi Salam Sinaga, M.Si dalam dialog publik menekankan bahwa kedepan teknologi akan banyak berperan dalam kehidupan kita. Teknologi juga butuh biaya untuk membeli dan mengoperasikannya. Dalam pemenuhan keperluan itu jangan sampai manusia menjadi jahat dan biadab karena mengejar pemenuhan kebutuhan pribadi atas teknologi. Contoh kalau kita tidak memiliki Handphone kita tetap tidak boleh mencuri handphone orang lain meski peran handphone itu kita perlukan. Mencuri handphone ini jahat, merampok handphone orang lain dengan kekerasan ini namanya bidab. Dengan itu perbanyak pergaulan dan skill sehingga kita dapat meminjam handphone atau mendapat penghasilan untuk membeli handphone. Inilah penjabaran nilai Pancasila di era teknologi atau era 4.0 menuju era 5.0. Ujar Dr. Rudi Salam Sinaga, M.Si., Dr. Rudi Sinaga juga menilai ancaman pengaruh ateisme dan komunisme berpotensi mempengaruhi eksistensi nilai Pancasila dalam kondisi di atas. Mari Waspada dan teguh kepada Pancasila.

Kemasan acara yang ditata begitu apik dengan banyak kegiatan menjadi pesona hiburan tersendiri seperti Parade Marching Band, Atraksi Bela Diri, Music Performance, Seminar dan Fashion Show. dan yang uniknya ada stand aneka Jajanan makanan dan minuman mulai dari yang Tradisional sampai Internasional seperti Kuliner asal Amerika, Jepang, Korea Selatan dan Italia dapat ditemukan di acara ini.

Semoga gelaran acara dapat  menjadikan sebagai pembelajaran untuk mengadakan kegiatan dengan skala besar lagi kedepannya. Sukses UMA…  Sukses Civitas Akademika.(red*) tim8

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Popular Posts

Categories

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Copyright © SUMUT NUSANTARA | Powered by Blogger