Home » , , , , , » Babinsa Koramil 02/TL Dampingi PPL dan Petani Dalam Rencana Pengolahan Lahan Balik Damen

Babinsa Koramil 02/TL Dampingi PPL dan Petani Dalam Rencana Pengolahan Lahan Balik Damen


Sumut Nusantara.com, Labuhanbatu Utara - Sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kodim 0209/LB, Danramil 02/TL Mayor Inf DW Aritonang,S.Sos instruksikan Babinsanya untuk melakukan pendampingan petani dalam rangka swasembada pangan di wilayah Kodim 0209/LB.

Menindak lanjuti perintah tersebut, Babinsa Sertu Wahyono langsung melakukan koordinasi dengan pihak PPL Kelurahan Kampung Mesjid Kecamatan Kualuh Hilir Kabupaten Labuhanbatu Utara Sumatera Utara, Selasa (23/4/2024).

Adapun Babinsa Kelurahan Kampung Mesjid Sertu Wahyono bersama Desi selaku PPL, langsung menuju ke Lahan Pairin yang ada di Lingkungan Pasar Bilah yang berencana akan melakukan penanaman padi dengan sistem balik damen yaitu penanaman langsung pasca panen.

Danramil 02/TL Kodim 0209/LB melalui Babinsa Sertu Wahyono kepada awak media menjelaskan bahwa para petani di wilayah desa binaanya sering melakukan penanaman padi dengan sistem balik damen.

"Cara penanaman langsung pasca panen, sering dilakukan para petani di wilayah Kecamatan Kualuh Hilir dan kecamatan Kualuh Leidong yang merupakan wilayah binaan Koramil 02/TL, mengingat diwilayah ini tidak memiliki pengairan yang cukup ataupun irigasi. Namun apabila pasca panen debit air di canal melimpah, petani di daerah ini sering melakukan tanam padi dengan istilah balik damen," Jelas Sertu Wahyono.

Lanjutnya menambahkan, Babinsa dan PPL selalu memberikan himbauan dan motivasi kepada para petani termasuk bapak Pairin, bahkan mendukung setiap giat petani baik cara pengolahan lahan maupun pengajuan proposal bantuan Alsintan, benih padi maupun pupuk kepada distan Labura, agar mempermudah petani dalam melakukan pengolahan lahan maupun perawatan tanaman padi.

Hal tersebut merupakan wujud kepedulian Babinsa dan PPL agar petani di wilayah binaannya dapat meningkatkan penghasilannya sehingga kesejahteraan petani meningkat, program swasembada pangan pun tercapai, ujar Sertu Wahyono menambahkan.

Sebagaimana diketahui, dalam menunjang program ketahanan pangan Sertu Wahyono selaku Babinsa Kelurahan Kampung Mesjid selalu aktif bersinergi dengan PPL dan Petani dalam meningkatkan swasembada beras di desa binaan. (red)*

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Popular Posts

Categories

Arsip Blog

Recent Posts

Pages

Copyright © SUMUT NUSANTARA | Powered by Blogger